Pages

Rabu, 26 September 2012

Curhat di kuburan adalah Sunnah ?



إن الحمد ﷲ نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ باﷲ من شرور أنفسنا ومن سيأت أعمالنا من يهده ﷲ فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له أشهد أن ﻻإله إﻻ ﷲ وأشهد أن محمدا عبده ورسوله
فإن خيرالحديث كتابﷲ وخير الهدي هدي محمدصلى ﷲ عليه وعلى اله وسلم وشراﻻمور محدثاتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة وكل ضلالة فنار



Berikut adalah Dalil yang paling shohih menurut anggapan para aktivis curhat kuburan:
 
حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ مَالِكِ الدَّارِ، قَالَ: وَكَانَ خَازِنَ عُمَرَ عَلَى الطَّعَامِ، قَالَ: أَصَابَ النَّاسَ قَحْطٌ فِي زَمَنِ عُمَرَ، فَجَاءَ رَجُلٌ إِلَى قَبْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، اسْتَسْقِ لِأُمَّتِكَ فَإِنَّهُمْ قَدْ هَلَكُوا، فَأَتَى الرَّجُلَ فِي الْمَنَامِ فَقِيلَ لَهُ: " ائْتِ عُمَرَ فَأَقْرِئْهُ السَّلَامَ، وَأَخْبِرْهُ أَنَّكُمْ مُسْتَقِيمُونَ وَقُلْ لَهُ: عَلَيْكَ الْكَيْسُ، عَلَيْكَ الْكَيْسُ "، فَأَتَى عُمَرَ فَأَخْبَرَهُ فَبَكَى عُمَرُ ثُمَّ قَالَ: يَا رَبِّ لَا آلُو إِلَّا مَا عَجَزْتُ عَنْهُ

Memberitahukan kepada kami Abu Mu’awiyah, dari Al-A’masy, dari Abi Sholih, dari Malik Ad-Dar, dia adalah penjaga (baitul mal) Umar- , dia berkata: “Orang-orang tertimpa paceklik di zaman Umar, kemudian datanglan seorang laki-laki ke kubur Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu berkata: “Wahai Rasulullah, mohonkanlah hujan untuk umatmu, karena sesungguhnya mereka telah binasa (terkena paceklik)”. Maka lelaki tadi bermimpi, didatangi seseorang dan dikatakan kepadanya: “‘Datanglah kepada Umar, sampaikan salamku kepadanya, beritahukan kepadanya bahwa mereka akan disirami hujan, dan katakanlah kepadanya, ‘Hendaklah kamu berhati-hati.’ Lelaki tersebut lantas mendatangi Umar dan memberitahukan kisahnya kepada Umar. Umar berkata, ‘Wahai Tuhanku, aku akan memenuhinya kecuali aku sudah tidak mampu.” (Mushonnif Ibnu Abi Syaibah [no.32002])

Atsar ini dishahihkan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Fathul Baari dan Al-Hafizh Ibnu Katsir dalam Bidayah wa Nihayah, akan Tetapi Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani endha’ifkan atsar ini dalam kitab Tawassul.

Berikut kita lihat kedudukan para perawi yang meriwayatkan atsar ini:
 
1.        Abu Mu’awiyah

Nama beliau adalah Muhammad bin Hazm Abu Mu’awiyah Adhoriri, dalam sebuah pendapat beliau wafat tahun 113 H. berikut komentar Ulama tentang beliau:

Imam Adz-Dzahabi berkata:
محمد بن خازم الضرير ثقة ثبت
Muhammad bin Hazm Adh-Dhoriri Tsiqoh Tsabit” (Mizan I’tidal no. 7466)

وقال بن سعد كان ثقة
Berkata Ibnu Sa’ad bahwa dia adalah tsiqoh” (Tahdzib at-Tahdzib no. 192)

سألت يحيى بن معين من اثبت أصحاب الأعمش قال بعد سفيان وشعبة أبو معاوية الضرير
Yahya bin Ma’in ditanya tentang sahabat Al-A’masy yang tsabit, beliau berkata setelah Sufyan dan Syu’bah adalah Abu Mu’awiyah Adh-Dhoriri (Jarh wa Ta’dil no. 1360)


2.        Al-A’masy

Nama beliau adalah Sulaiman bin Mihran Al-A’masy, dalam satu riwayat dalam at-Tahdzib beliau dilahirkan tahun 61 H, dalam satu riwayat beliau meninggal tahun 148 H. Berikut komentar Ulama tentang beliau:

Yahya bin Ma’in berkata:
سليمان بن مهران الأعمش ثقة
“Sulaiman bin Mihran al-A’masy adalah tsiqoh” (Jarh wa Ta’dil no. 630)

Ibnu Abi Hatim berkata:
سمعت أبى يقول الأعمش ثقة يحتج بحديثه حدثنا عبد الرحمن قال سمعت أبا زرعة يقول سليمان الأعمش امام
“Aku mendengar ayahku mengatakan bahwa al-A’masy tsiqoh, dia berhujjah dengan haditsnya. Memberitahukan kepada kami Abdurrahman (Ibnu Abi Hatim), dia berkata: “Aku mendengar Abu Zur’ah mengatakan bahwa Sulaiman al-A’masy adalah Imam” (Jarh wa Ta’dil no. 630).


3.        Abu Sholih

Nama beliau adalah Dzakwan Abu Sholih as-Saman, dalam satu riwayat beliau wafat pada tahun 101 H, Tapi tidak diketahui tentang kelahirannya. Berikut komentar Ulama tentangnya:

Ditanya Abu Zur’ah tentang Abu Sholih, maka dia berkata:
مدينى ثقة مستقيم الحديث
“Ahli Madinah yang tsiqoh, haditsnya lurus” (Jarh wa Ta’dil no. 2039)

قال أبو داود سألت بن معين من كان الثبت في أبي هريرة فقال بن المسيب وأبو صالح وابن سيرين والمقبري والأعرج وأبو رافع
Abu Dawud berkata: Aku bertanya kepada Yahya bin Ma’in tentang siapa yang tsabit dengan Abu Hurairah. Maka dia berkata: “Ibnu Musayab, Abu Sholih, Ibnu Sirrin, Al-Maqburi, al-A’roj dan Abu Rofi’”. (Tahdzib at-Tahdzib no. 417)

As-Saji berkata:
ثقة صدوق
“Tsiqoh Shaduq” (Tahdzib at-Tahdzib no. 417)


4.        Malik Ad-Dar

Nama beliau adalah Malik bin Iyadh, beliau adalah maula Umar bin Khatab. Tidak diketahui tahun kelahiran dan tahun kematiannya. 

Imam Ibnu Abi Hatim menyebutkan beliau dalam “Jarh wa Ta’dil” namun tidak menyebutkan pujian dan celaan ulama terhadapnya. 

Adapun Imam Ibnu Hibban mentsiqohkan beliau dalam kitabnya “Ats-Tsiqot” no. 5312. Berikut komentar ulama lain terhadap Malik:

Al-Haitsamy menyatakan :
ومالك الدار لم أعرفه
“Dan Maalik ad-Daar, aku tidak mengenalnya” (Majma’uz Zawaaid)

Demikian juga yang dinyatakan oleh al-Hafidz al-Mundziri yang menyatakan:
ومالك الدار لا أعرفه
“Dan aku tidak mengenal Malik Ad-Dar”. (At-Targhib wat Tarhiib)

Dengan demikian sanad atsar ini masih dipertentangkan keabsahannya. Kesimpulannya, atsar ini tak bisa menjadi hujjah bolehnya curhat di kuburan untuk mengharapkan bantuan kepada mayit berupa permintaan rezeki, hujan, jodoh, dll. 
Wallahu A’lam

Sumber :

Kalo mau liat video Habib lagi curhat ke kuburan, ini link nya

0 komentar:

Posting Komentar