إن الحمد ﷲ نحمده ونستعينه ونستغفره
ونعوذ باﷲ من شرور أنفسنا ومن سيأت أعمالنا من يهده ﷲ فلا مضل له ومن يضلل فلا
هادي له أشهد أن ﻻإله إﻻ ﷲ وأشهد أن محمدا عبده ورسوله
فإن خيرالحديث كتابﷲ وخير الهدي هدي
محمدصلى ﷲ عليه وعلى اله وسلم وشراﻻمور محدثاتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة
وكل ضلالة فنار
Berikut adalah Dalil yang paling
shohih menurut anggapan para aktivis curhat kuburan:
حَدَّثَنَا
أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ مَالِكِ الدَّارِ،
قَالَ: وَكَانَ خَازِنَ عُمَرَ عَلَى الطَّعَامِ، قَالَ: أَصَابَ النَّاسَ قَحْطٌ
فِي زَمَنِ عُمَرَ، فَجَاءَ رَجُلٌ إِلَى قَبْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، اسْتَسْقِ لِأُمَّتِكَ فَإِنَّهُمْ قَدْ
هَلَكُوا، فَأَتَى الرَّجُلَ فِي الْمَنَامِ فَقِيلَ لَهُ: " ائْتِ عُمَرَ
فَأَقْرِئْهُ السَّلَامَ، وَأَخْبِرْهُ أَنَّكُمْ مُسْتَقِيمُونَ وَقُلْ لَهُ:
عَلَيْكَ الْكَيْسُ، عَلَيْكَ الْكَيْسُ "، فَأَتَى عُمَرَ فَأَخْبَرَهُ
فَبَكَى عُمَرُ ثُمَّ قَالَ: يَا رَبِّ لَا آلُو إِلَّا مَا عَجَزْتُ عَنْهُ
Memberitahukan kepada kami Abu Mu’awiyah, dari Al-A’masy, dari Abi
Sholih, dari Malik Ad-Dar, dia adalah penjaga (baitul mal) Umar- , dia berkata:
“Orang-orang tertimpa paceklik di zaman Umar, kemudian datanglan seorang
laki-laki ke kubur Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu berkata: “Wahai
Rasulullah, mohonkanlah hujan untuk umatmu, karena sesungguhnya mereka telah
binasa (terkena paceklik)”. Maka lelaki tadi bermimpi, didatangi seseorang
dan dikatakan kepadanya: “‘Datanglah kepada Umar, sampaikan salamku
kepadanya, beritahukan kepadanya bahwa mereka akan disirami hujan, dan
katakanlah kepadanya, ‘Hendaklah kamu berhati-hati.’ Lelaki tersebut lantas
mendatangi Umar dan memberitahukan kisahnya kepada Umar. Umar berkata, ‘Wahai
Tuhanku, aku akan memenuhinya kecuali aku sudah tidak mampu.” (Mushonnif
Ibnu Abi Syaibah [no.32002])
Atsar ini dishahihkan oleh al-Hafizh
Ibnu Hajar dalam Fathul Baari dan Al-Hafizh Ibnu Katsir dalam Bidayah
wa Nihayah, akan Tetapi Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani endha’ifkan
atsar ini dalam kitab Tawassul.
Berikut kita lihat kedudukan para
perawi yang meriwayatkan atsar ini:
1.
Abu Mu’awiyah
Nama beliau adalah Muhammad bin Hazm
Abu Mu’awiyah Adhoriri, dalam sebuah pendapat beliau wafat tahun 113 H. berikut
komentar Ulama tentang beliau:
Imam Adz-Dzahabi berkata:
محمد بن خازم الضرير ثقة ثبت
“Muhammad bin Hazm Adh-Dhoriri Tsiqoh
Tsabit” (Mizan
I’tidal no. 7466)
وقال
بن سعد كان ثقة
“Berkata Ibnu Sa’ad bahwa dia adalah tsiqoh” (Tahdzib
at-Tahdzib no. 192)
سألت
يحيى بن معين من اثبت أصحاب الأعمش قال بعد سفيان وشعبة أبو معاوية الضرير
“Yahya bin Ma’in ditanya tentang sahabat Al-A’masy yang tsabit,
beliau berkata setelah Sufyan dan Syu’bah adalah Abu Mu’awiyah Adh-Dhoriri (Jarh wa Ta’dil no. 1360)
2.
Al-A’masy
Nama beliau adalah Sulaiman bin
Mihran Al-A’masy, dalam satu riwayat dalam at-Tahdzib beliau dilahirkan
tahun 61 H, dalam satu riwayat beliau meninggal tahun 148 H. Berikut komentar
Ulama tentang beliau:
Yahya bin Ma’in berkata:
سليمان بن مهران الأعمش ثقة
“Sulaiman bin Mihran al-A’masy adalah tsiqoh” (Jarh wa Ta’dil no. 630)
Ibnu Abi Hatim berkata:
سمعت أبى يقول الأعمش ثقة يحتج بحديثه
حدثنا عبد الرحمن قال سمعت أبا زرعة يقول سليمان الأعمش امام
“Aku mendengar ayahku mengatakan bahwa al-A’masy tsiqoh, dia
berhujjah dengan haditsnya. Memberitahukan kepada kami Abdurrahman (Ibnu Abi
Hatim), dia berkata: “Aku mendengar Abu Zur’ah mengatakan bahwa Sulaiman
al-A’masy adalah Imam” (Jarh wa Ta’dil no. 630).
3.
Abu Sholih
Nama beliau adalah Dzakwan Abu
Sholih as-Saman, dalam satu riwayat beliau wafat pada tahun 101 H, Tapi tidak
diketahui tentang kelahirannya. Berikut komentar Ulama tentangnya:
Ditanya Abu Zur’ah tentang Abu
Sholih, maka dia berkata:
مدينى ثقة مستقيم الحديث
“Ahli Madinah yang tsiqoh, haditsnya lurus” (Jarh wa Ta’dil no. 2039)
قال
أبو داود سألت بن معين من كان الثبت في أبي هريرة فقال بن المسيب وأبو صالح وابن
سيرين والمقبري والأعرج وأبو رافع
Abu Dawud berkata: Aku bertanya kepada Yahya bin Ma’in tentang
siapa yang tsabit dengan Abu Hurairah. Maka dia berkata: “Ibnu Musayab, Abu
Sholih, Ibnu Sirrin, Al-Maqburi, al-A’roj dan Abu Rofi’”. (Tahdzib
at-Tahdzib no. 417)
As-Saji berkata:
ثقة صدوق
“Tsiqoh Shaduq” (Tahdzib at-Tahdzib no. 417)
4.
Malik Ad-Dar
Nama beliau adalah Malik bin Iyadh,
beliau adalah maula Umar bin Khatab. Tidak diketahui tahun kelahiran dan tahun
kematiannya.
Imam Ibnu Abi Hatim menyebutkan
beliau dalam “Jarh wa Ta’dil” namun tidak menyebutkan pujian dan celaan
ulama terhadapnya.
Adapun Imam Ibnu Hibban mentsiqohkan
beliau dalam kitabnya “Ats-Tsiqot” no. 5312. Berikut komentar ulama lain
terhadap Malik:
Al-Haitsamy menyatakan :
ومالك الدار لم أعرفه
“Dan Maalik ad-Daar, aku tidak mengenalnya” (Majma’uz Zawaaid)
Demikian juga yang dinyatakan oleh
al-Hafidz al-Mundziri yang menyatakan:
ومالك الدار لا أعرفه
“Dan aku tidak mengenal Malik Ad-Dar”. (At-Targhib wat Tarhiib)
Dengan demikian sanad atsar ini
masih dipertentangkan keabsahannya. Kesimpulannya, atsar ini tak bisa menjadi
hujjah bolehnya curhat di kuburan untuk mengharapkan bantuan kepada mayit berupa
permintaan rezeki, hujan, jodoh, dll.
Wallahu A’lam
Sumber :
Kalo
mau liat video Habib lagi curhat ke kuburan, ini link nya
0 komentar:
Posting Komentar