إن الحمد ﷲ نحمده ونستعينه ونستغفره
ونعوذ باﷲ من شرور أنفسنا ومن سيأت أعمالنا من يهده ﷲ فلا مضل له ومن يضلل فلا
هادي له أشهد أن ﻻإله إﻻ ﷲ وأشهد أن محمدا عبده ورسوله
فإن خيرالحديث كتابﷲ وخير الهدي هدي
محمدصلى ﷲ عليه وعلى اله وسلم وشراﻻمور محدثاتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة
وكل ضلالة فنار
Dalam sebuah hadits yang shahih dari
Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:
إِنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ لِهَذِهِ
الأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا دِينَهَا
“Sesungguhnya Allah akan mengutus (menghadirkan) bagi umat ini
(umat Islam) orang yang akan memperbaharui
(urusan) agama mereka pada setiap akhir seratus tahun”
(HR. Abu Dawud [no.4291], al-Hakim [no.8592], dan ath-Thabarani
dalam al-Mu’jamul ausath [no.6527], Dinyatakan shahih oleh Imam
al-Hakim, al-‘Iraqi, Ibnu Hajar (dinukil dalam kitab ’Aunul Ma’bud [11/267])
dan syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahaadits ash-Shahihah [no.599]).
Pengertian
memperbaharui (urusan) agama di sini adalah menghidupkan kembali dan menyerukan
pengamalan ajaran Islam yang bersumber dari petunjuk al-Qur’an dan Sunnah Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan manusia. Yaitu, dengan
menyebarkan ilmu yang benar, mengajak manusia kepada tauhid dan sunnah Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta memperingatkan mereka untuk menjauhi
perbuatan syirik dan bid’ah. (Lihat 'Aunul Ma’bud [11/260]).
Perhitungan
akhir seratus tahun dalam hadits ini adalah dimulai dari waktu hijrah
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Mekkah ke Madinah. (Lihat 'Aunul
Ma’bud [11/260]).
Sabda beliau Shallallahu
‘alaihi wa sallam, “…orang yang akan memperbaharui (urusan) agama…”
tidak menunjukkan bahwa mujaddid di setiap akhir seratus tahun hanya satu orang,
tapi mungkin saja pada waktu tertentu lebih dari satu orang, sebagaimana yang
diterangkan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar dan ulama lainnya. (Lihat 'Aunul
Ma’bud [11/264]).
Dalam hal ini,
Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah berkata: “Sesungguhnya Allah Azza
wa Jalla akan menghadirkan bagi umat manusia pada setiap akhir seratus tahun
orang yang akan mengajarkan kepada mereka sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam (yang telah banyak ditinggalkan manusia) dan memberantas
kedustaan dari (hadits-hadits) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam” (Dinukil
oleh Imam adz-Dzahabi dalam kitab Siyar A’lamin Nubala’ [10/46]).
Para ulama
telah menyebutkan nama-nama para imam Ahlus sunnah yang memenuhi kriteria untuk
disebut sebagai mujaddid (pembaharu) dalam Islam, berdasarkan pengamatan mereka
melalui sifat-sifat mulia para imam tersebut.
Dalam tulisan
ini kami akan menyebutkan beberapa di antara para imam tersebut beserta
sekelumit dari biografi mereka rahimahumallah.
1.
Al-Imam Umar
bin Abdil Aziz rahimahullah
Nama lengkap
beliau adalah Umar bin Abdil Aziz bin Marwan bin Hakam al-Qurasyi al-Umawi
al-Madani.
Beliau adalah
khalifah yang tersohor dengan keshalihan dan keadilannya, seorang Amirul
Mukminin, imam generasi Tabi’in yang mulia, seorang penghafal hadits yang utama
dan terpercaya. Lahir pada tahun 64 H dan wafat pada tahun 101 H.
Ibunya adalah
cucu Sahabat yang mulia 'Umar bin Khaththab Radhiyallahu anhu, bernama
Hafshah binti ‘Ashim bin 'Umar bin Khaththab. (Tahdzibul Kamal [21/432]
dan Tadzkirotul Huffazh [1/118]).
Dalam aspek
keadilan dan kelurusan akhlak, beliau diserupakan dengan kakek beliau 'Umar bin
Khaththab Radhiyallahu anhu, dalam sifat zuhud dengan Hasan al-Bashri rahimahullah
dan dalam ketinggian ilmu dengan Imam az-Zuhri rahimahullah. (Tadzkiratul
Huffazh [1/119]).
Imam as-Syafi’i
rahimahullah memuji beliau dengan mengatakan: “al-Khulafa’ ar-Rasyidun
(khalifah-khalifah yang mendapat petunjuk dan bimbingan Allah Azza wa Jalla)
ada lima orang: 'Abu Bakar, ‘Umar, ‘Utsman, ‘Ali dan ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz”
(Tadzkiratul Huffazh [1/119]).
Para ulama
Ahlus sunnah telah bersepakat untuk menobatkan beliau sebagai mujaddid (pembaharu)
pertama dalam Islam ('Aunul Ma’bud [11/260]).
Imam Ahmad bin
Hambal rahimahullah berkata: “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla akan
menghadirkan bagi umat manusia, pada setiap akhir seratus tahun orang yang akan
mengajarkan kepada mereka sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam (yang banyak telah ditinggalkan manusia) dan menghilangkan (memberantas)
kedustaan dari (hadits-hadits) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Kemudian kami melihat (meneliti sejarah), maka (kami dapati pembaharu) pada
akhir seratus tahun pertama (hijriyah) adalah ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz
rahimahullah, dan (pembaharu) pada akhir seratus tahun kedua adalah Imam
Syafi’i rahimahullah” (Siyar A’lamin Nubala [10/46]).
2.
Al-Imam Hasan
al-Bashri rahimahullah
Nama dan
kun-yah beliau adalah Abu Sa’ad al-Hasan bin Abul Hasan Yasar al-Bashri.
Beliau adalah
Imam besar dari kalangan Tabi’in, Syaikhul Islam, sangat terpercaya dalam
meriwayatkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lahir pada tahun
22 H dan wafat 110 H (Tadzkiratul Huffazh [1/71] dan Taqribut Tahdzib
[hlm.160]).
Beliau pernah
disusui oleh Ummu Salamah Radhyallahu anhuma, istri Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam dan pernah didoakan kebaikan oleh 'Umar bin Khaththab Radhiyallahu
anhu agar diberi pemahaman dalam ilmu agama dan dicintai manusia (Dinukil
oleh Imam al-Mizzi dalam Tahdzibul Kamal [6/104]).
Imam Muhammad
bin Sa’ad rahimahullah memuji beliau dengan mengatakan: “Beliau
adalah seorang yang berilmu (tinggi), menghimpun (berbagai macam ilmu), tinggi
(kedudukannya), sangat terpercaya, sandaran dalam periwayatan hadits dan ahli
ibadah” (Tadzkiratul Huffazh [1/71]).
Beliau termasuk
yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun
pertama (hijriyah). (Lihat 'Aunul Ma’bad [11/266])
3.
Al-Imam Ibnu
Sirin rahimahullah
Nama dan
kun-yah beliau adalah Abu Bakr Muhammad bin Sirin al-Anshari al-Bashri.
Beliau adalah seorang
imam besar dari kalangan Tabi’in, Syaikhul Islam, sangat wara’ (berhati-hati
dalam masalah halal-haram), sangat luas ilmunya lagi sangat terpercaya dan kokoh
dalam meriwayatkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Beliau wafat pada tahun 110 H. (Siyar A’lamin Nubala [4/606], Tadzkiratul
Huffazh [1/77] dan Taqribut Tahdzib [hlm.160]).
Imam Abu ‘Awanah
al-Yasykuri rahimahullah berkata: “Aku melihat Muhammad bin Sirin di
pasar, tidaklah seorang pun melihat beliau kecuali orang itu akan mengingat
Allah”. (Siyar A’lamin Nubala [4/610]. Dalam sebuah hadits shahih
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Wali (kekasih)
Allah adalah orang yang jika (manusia) memandangnya maka mereka akan ingat
kepada Allah”. Lihat ash-Shahihah [no.1733]).
Beliau juga
termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus
tahun pertama (hijriyah). ('Aunul Ma’bud [11/266]).
4.
Al-Imam
az-Zuhri rahimahullah
Nama beliau
adalah Muhammad bin Muslim bin Ubaidillah bin Abdillah bin Syihab az-Zuhri
al-Qurasyi al-Madani.
Beliau adalah
seorang imam besar dari kalangan Tabi’in, penghafal hadits yang utama yang
disepakati kemuliaan dan kecermatan hafalannya. Beliau wafat pada tahun 125 H. (Tadzkiratul
Huffazh [1/108] dan Taqribut Tahdzib [hlm.506]).
Imam ‘Umar bin
‘Abdil ‘Azîz rahimahullah memuji beliau dengan mengatakan: “Tidak
tersisa seorang pun (di zaman ini) yang lebih memahami sunnah Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari pada az-Zuhri”. (Tadzkiratul Huffazh
[1/109]).
Imam Ayyub
as-Sakhtiyani rahimahullah berkata: “Aku belum pernah melihat
(seorang pun) yang lebih berilmu dari pada beliau”. (Tadzkiratul Huffazh
[1/109]).
Beliau juga
termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus
tahun pertama (hijriyah). ('Aunul Ma’bud [11/266]).
5.
Al-Imam
asy-Syafi’i rahimahullah
Nama dan
kun-yah beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Idris bin al-Abbas bin Utsman
al-Muththalibi al-Qurasyi al-Makki asy-Syafi’i.
Beliau adalah
seorang imam besar dari generasi tabi’ut tabi’in (murid para Tabi’in), pembela
sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ahli fikih yang
ternama, penghafal hadits yang utama dan terpercaya. Lahir pada tahun 150 H dan
wafat pada tahun 204 H. Garis pernasaban beliau bertemu dengan nasab Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Tahdzibul Kamal [24/355], Siyaru
A’lamin Nubala [10/5] dan Tadzkirotul Huffazh [1/361]).
Imam Qutaibah
bin Sa’id rahimahullah memuji beliau dengan mengatakan: “Kematian
Imam Syafi’i rahimahullah berarti kematian sunnah Rasulullah”. (Dinukil
oleh Imam adz-Dzahabi dalam Siyaru A’lamin Nubala [10/46]).
Imam Ahmad bin
Hambal rahimahullah berkata: “(Kedudukan) Imam Syafi’i (di masanya)
seperti matahari bagi bumi dan sebagai penyelamat bagi umat manusia”. (Dinukil
oleh Imam al-Mizzi dalam Tahdzibul Kamal [24/372]).
Para ulama
Ahlus sunnah juga telah bersepakat menobatkan beliau sebagai mujaddid
(pembaharu) abad kedua dalam Islam. ('Aunul Ma’bud [11/260]).
Imam Ahmad rahimahullah
berkata: “…(Pembaharu) pada akhir seratus tahun kedua (hijriyah) adalah Imam
Syafi’i”. (Siyaru A’lamin Nubala [10/46]).
Imam Ibnu Hajar
rahimahullah berkata: “Beliau adalah mujaddid (pembaharu) urusan
agama Islam pada akhir seratus tahun kedua (hijriyah)”. (Taqribut Tahdzib
[hal.467]).
6.
Al-Imam Yahya
bin Ma’in rahimahullah
Nama dan
kun-yah beliau adalah Abu Zakariya Yahya bin Ma’in al-Baghdadi.
Beliau adalah
imam besar dari kalangan tabi’ut tabi’in (murid para Tabi’in), ahli jarh wa
ta’dil (penilaian terhadap para perawi hadits dalam bentuk pujian atau celaan)
yang ternama, penghafal hadits yang utama dan gurunya para ulama Ahli hadits.
Lahir pada tahun 158 H dan wafat tahun 233 H. (Siyaru A’lamin Nubala [11/71]
dan Taqribut Tahdzib [hal.597]).
Imam Ahmad bin
Hambal rahimahullah memujinya dengan mengatakan: “Yahya bin Ma’in
adalah orang yang Allah Azza wa Jalla ciptakan (khusus) untuk urusan ini
(membela sunnah Rasalullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam) dengan cara
menyingkap kedustaan para pendusta dalam hadits (Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wa sallam)”. (Siyaru A’lamin Nubala [11/80]).
Beliau juga
termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir
seratus tahun kedua (hijriyah). ('Aunul Ma’bud [11/266]).
7.
Al-Imam
an-Nasa’i rahimahullah
Nama dan
kun-yah beliau adalah Abu Abdirrahman Ahmad bin Syu’aib bin Ali bin Sinan
an-Nasa’i.
Beliau adalah
imam besar, Syaikhul Islam, penghafal dan kritikus hadits kenamaan, serta
sangat terpercaya dalam meriwayatkannya. Lahir pada tahun 215 H dan wafat tahun
303 H.[31]
Imam Abu Sa’id
bin Yunus rahimahullah memuji beliau dengan mengatakan: “Abu
‘Abdirrahman an-Nasa’i adalah seorang imam (panutan), penghafal hadits dan
sangat terpercaya dalam meriwayatkannya”. (Siyar A’lamin Nubala [14/133]).
Imam Abul Hasan
ad-Daraquthni rahimahullah berkata: “Abu ‘Abdirrahman an-Nasa’i
rahimahullah lebih diutamakan (dalam pemahaman ilmu hadits) dibandingkan semua
ulama hadits di zaman beliau”. (Lihat Siyar A’lamin Nubala [14/131]).
Beliau juga
termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus
tahun ketiga (hijriyah). ('Aunul Ma’bud [11/266]).
Catatan :
o
Banyak imam
besar Ahlus sunnah yang terkenal dengan ketinggian ilmu dan pemahamannya, serta
kuat dalam menegakkan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Akan tetapi, mereka tidak disebut oleh para ulama sebagai mujaddid (pembaharu)
dalam Islam di zamannya, padahal mereka sangat pantas untuk itu, seperti Imam Malik
bin Anas rahimahullah, Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah, Imam
al-Bukhari rahimahullah, Imam Muslim rahimahullah, Imam Abu Dawud
rahimahullah dan lain-lain. Hal ini disebabkan masa hidup mereka yang
tidak bertepatan dengan waktu yang disebutkan dalam hadits di atas. Namun hal
ini sama sekali tidak mengurangi tingginya kedudukan dan kemuliaan mereka. Wallahu
a’lam. ('Aunul Ma’bud [11/263]).
o
Termasuk para
imam Ahlus sunnah yang dinobatkan oleh sejumlah besar ulama Islam sebagai
pembaharu di abad ke-12 Hijriyah adalah Imam Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab
at-Tamimi rahimahullah (wafat 1206 H). (Lihat 'Aqidatusy Syaikh
Muhammad bin ‘Abdil Wahhab as-Salafiyyah [1/18]). Tentang hal ini, Syaikh
‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah berkata: “Termasuk di antara imam
(Ahlus sunnah) yang mendapatkan petunjuk (dari Allah Azza wa Jalla ) dan da’i
yang mengusahakan perbaikan (umat ini) adalah seorang yang sangat dalam dan
luas ilmunya, pembaharu ajaran Islam yang telah ditinggalkan (manusia) di abad
ke-12 Hijriyah dan penyeru kepada sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam, Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab bin Sulaiman bin ‘Ali at-Tamimi
al-Hambali. Semoga Allah Azza wa Jalla memperindah (menerangi) tempat
peristirahannya dan memuliakannya di surga sebagai tempat tinggalnya” (Lihat
'Aqidatusy Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab as-Salafiyyah [1/19-20]).
o
Demikian pula
yang disebut-sebut para ulama sebagai pembaharu dalam Islam di abad ini, dua
imam Ahlus sunnah yang ternama, yaitu Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani dan
Syaikh 'Abdul ‘Aziz bin 'Abdullah bin Baz. Semoga Allah Azza wa Jalla merahmati
semua ulama Ahlus sunnah yang telah wafat dan menjaga mereka yang masih hidup.
Ditulis oleh Al-Ustadz Abdullah bin Taslim al-Buthoni MA
Dipublikasikan oleh Al-Ustadz Abu Hasan
[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 02/Tahun XIV/1431H/2010.
Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8
Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196]
0 komentar:
Posting Komentar