Pages

Kamis, 18 April 2013

Mengenal Beberapa Ulama Pembaharu dalam Islam (al-Mujaddid)




إن الحمد ﷲ نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ باﷲ من شرور أنفسنا ومن سيأت أعمالنا من يهده ﷲ فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له أشهد أن ﻻإله إﻻ ﷲ وأشهد أن محمدا عبده ورسوله
فإن خيرالحديث كتابﷲ وخير الهدي هدي محمدصلى ﷲ عليه وعلى اله وسلم وشراﻻمور محدثاتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة وكل ضلالة فنار


Dalam sebuah hadits yang shahih dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

إِنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ لِهَذِهِ الأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا دِينَهَا
Sesungguhnya Allah akan mengutus (menghadirkan) bagi umat ini (umat Islam) orang yang akan memperbaharui (urusan) agama mereka pada setiap akhir seratus tahun” 
(HR. Abu Dawud [no.4291], al-Hakim [no.8592], dan ath-Thabarani dalam al-Mu’jamul ausath [no.6527], Dinyatakan shahih oleh Imam al-Hakim, al-‘Iraqi, Ibnu Hajar (dinukil dalam kitab ’Aunul Ma’bud [11/267]) dan syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahaadits ash-Shahihah [no.599]).

Pengertian memperbaharui (urusan) agama di sini adalah menghidupkan kembali dan menyerukan pengamalan ajaran Islam yang bersumber dari petunjuk al-Qur’an dan Sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan manusia. Yaitu, dengan menyebarkan ilmu yang benar, mengajak manusia kepada tauhid dan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta memperingatkan mereka untuk menjauhi perbuatan syirik dan bid’ah. (Lihat 'Aunul Ma’bud [11/260]).

Perhitungan akhir seratus tahun dalam hadits ini adalah dimulai dari waktu hijrah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Mekkah ke Madinah. (Lihat 'Aunul Ma’bud [11/260]).

Sabda beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “…orang yang akan memperbaharui (urusan) agama…” tidak menunjukkan bahwa mujaddid di setiap akhir seratus tahun hanya satu orang, tapi mungkin saja pada waktu tertentu lebih dari satu orang, sebagaimana yang diterangkan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar dan ulama lainnya. (Lihat 'Aunul Ma’bud [11/264]).

Dalam hal ini, Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah berkata: “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla akan menghadirkan bagi umat manusia pada setiap akhir seratus tahun orang yang akan mengajarkan kepada mereka sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang telah banyak ditinggalkan manusia) dan memberantas kedustaan dari (hadits-hadits) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam” (Dinukil oleh Imam adz-Dzahabi dalam kitab Siyar A’lamin Nubala’ [10/46]).

Para ulama telah menyebutkan nama-nama para imam Ahlus sunnah yang memenuhi kriteria untuk disebut sebagai mujaddid (pembaharu) dalam Islam, berdasarkan pengamatan mereka melalui sifat-sifat mulia para imam tersebut.

Dalam tulisan ini kami akan menyebutkan beberapa di antara para imam tersebut beserta sekelumit dari biografi mereka rahimahumallah.


1.        Al-Imam Umar bin Abdil Aziz rahimahullah

Nama lengkap beliau adalah Umar bin Abdil Aziz bin Marwan bin Hakam al-Qurasyi al-Umawi al-Madani.

Beliau adalah khalifah yang tersohor dengan keshalihan dan keadilannya, seorang Amirul Mukminin, imam generasi Tabi’in yang mulia, seorang penghafal hadits yang utama dan terpercaya. Lahir pada tahun 64 H dan wafat pada tahun 101 H. 

Ibunya adalah cucu Sahabat yang mulia 'Umar bin Khaththab Radhiyallahu anhu, bernama Hafshah binti ‘Ashim bin 'Umar bin Khaththab. (Tahdzibul Kamal [21/432] dan Tadzkirotul Huffazh [1/118]).

Dalam aspek keadilan dan kelurusan akhlak, beliau diserupakan dengan kakek beliau 'Umar bin Khaththab Radhiyallahu anhu, dalam sifat zuhud dengan Hasan al-Bashri rahimahullah dan dalam ketinggian ilmu dengan Imam az-Zuhri rahimahullah. (Tadzkiratul Huffazh [1/119]).

Imam as-Syafi’i rahimahullah memuji beliau dengan mengatakan: “al-Khulafa’ ar-Rasyidun (khalifah-khalifah yang mendapat petunjuk dan bimbingan Allah Azza wa Jalla) ada lima orang: 'Abu Bakar, ‘Umar, ‘Utsman, ‘Ali dan ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz” (Tadzkiratul Huffazh [1/119]).

Para ulama Ahlus sunnah telah bersepakat untuk menobatkan beliau sebagai mujaddid (pembaharu) pertama dalam Islam ('Aunul Ma’bud [11/260]).

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah berkata: “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla akan menghadirkan bagi umat manusia, pada setiap akhir seratus tahun orang yang akan mengajarkan kepada mereka sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang banyak telah ditinggalkan manusia) dan menghilangkan (memberantas) kedustaan dari (hadits-hadits) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian kami melihat (meneliti sejarah), maka (kami dapati pembaharu) pada akhir seratus tahun pertama (hijriyah) adalah ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz rahimahullah, dan (pembaharu) pada akhir seratus tahun kedua adalah Imam Syafi’i rahimahullah” (Siyar A’lamin Nubala [10/46]).


2.        Al-Imam Hasan al-Bashri rahimahullah

Nama dan kun-yah beliau adalah Abu Sa’ad al-Hasan bin Abul Hasan Yasar al-Bashri. 

Beliau adalah Imam besar dari kalangan Tabi’in, Syaikhul Islam, sangat terpercaya dalam meriwayatkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lahir pada tahun 22 H dan wafat 110 H (Tadzkiratul Huffazh [1/71] dan Taqribut Tahdzib [hlm.160]).

Beliau pernah disusui oleh Ummu Salamah Radhyallahu anhuma, istri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan pernah didoakan kebaikan oleh 'Umar bin Khaththab Radhiyallahu anhu agar diberi pemahaman dalam ilmu agama dan dicintai manusia (Dinukil oleh Imam al-Mizzi dalam Tahdzibul Kamal [6/104]).

Imam Muhammad bin Sa’ad rahimahullah memuji beliau dengan mengatakan: “Beliau adalah seorang yang berilmu (tinggi), menghimpun (berbagai macam ilmu), tinggi (kedudukannya), sangat terpercaya, sandaran dalam periwayatan hadits dan ahli ibadah” (Tadzkiratul Huffazh [1/71]).

Beliau termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun pertama (hijriyah). (Lihat 'Aunul Ma’bad [11/266])


3.        Al-Imam Ibnu Sirin rahimahullah
 
Nama dan kun-yah beliau adalah Abu Bakr Muhammad bin Sirin al-Anshari al-Bashri. 

Beliau adalah seorang imam besar dari kalangan Tabi’in, Syaikhul Islam, sangat wara’ (berhati-hati dalam masalah halal-haram), sangat luas ilmunya lagi sangat terpercaya dan kokoh dalam meriwayatkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau wafat pada tahun 110 H. (Siyar A’lamin Nubala [4/606], Tadzkiratul Huffazh [1/77] dan Taqribut Tahdzib [hlm.160]).

Imam Abu ‘Awanah al-Yasykuri rahimahullah berkata: “Aku melihat Muhammad bin Sirin di pasar, tidaklah seorang pun melihat beliau kecuali orang itu akan mengingat Allah”. (Siyar A’lamin Nubala [4/610]. Dalam sebuah hadits shahih Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Wali (kekasih) Allah adalah orang yang jika (manusia) memandangnya maka mereka akan ingat kepada Allah”. Lihat ash-Shahihah [no.1733]).

Beliau juga termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun pertama (hijriyah). ('Aunul Ma’bud [11/266]).


4.        Al-Imam az-Zuhri rahimahullah
 
Nama beliau adalah Muhammad bin Muslim bin Ubaidillah bin Abdillah bin Syihab az-Zuhri al-Qurasyi al-Madani. 

Beliau adalah seorang imam besar dari kalangan Tabi’in, penghafal hadits yang utama yang disepakati kemuliaan dan kecermatan hafalannya. Beliau wafat pada tahun 125 H. (Tadzkiratul Huffazh [1/108] dan Taqribut Tahdzib [hlm.506]).

Imam ‘Umar bin ‘Abdil ‘Azîz rahimahullah memuji beliau dengan mengatakan: “Tidak tersisa seorang pun (di zaman ini) yang lebih memahami sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari pada az-Zuhri”. (Tadzkiratul Huffazh [1/109]).

Imam Ayyub as-Sakhtiyani rahimahullah berkata: “Aku belum pernah melihat (seorang pun) yang lebih berilmu dari pada beliau”. (Tadzkiratul Huffazh [1/109]).

Beliau juga termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun pertama (hijriyah). ('Aunul Ma’bud [11/266]).


5.        Al-Imam asy-Syafi’i rahimahullah
 
Nama dan kun-yah beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Idris bin al-Abbas bin Utsman al-Muththalibi al-Qurasyi al-Makki asy-Syafi’i. 

Beliau adalah seorang imam besar dari generasi tabi’ut tabi’in (murid para Tabi’in), pembela sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ahli fikih yang ternama, penghafal hadits yang utama dan terpercaya. Lahir pada tahun 150 H dan wafat pada tahun 204 H. Garis pernasaban beliau bertemu dengan nasab Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Tahdzibul Kamal [24/355], Siyaru A’lamin Nubala [10/5] dan Tadzkirotul Huffazh [1/361]).

Imam Qutaibah bin Sa’id rahimahullah memuji beliau dengan mengatakan: “Kematian Imam Syafi’i rahimahullah berarti kematian sunnah Rasulullah”. (Dinukil oleh Imam adz-Dzahabi dalam Siyaru A’lamin Nubala [10/46]).

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah berkata: “(Kedudukan) Imam Syafi’i (di masanya) seperti matahari bagi bumi dan sebagai penyelamat bagi umat manusia”. (Dinukil oleh Imam al-Mizzi dalam Tahdzibul Kamal [24/372]).

Para ulama Ahlus sunnah juga telah bersepakat menobatkan beliau sebagai mujaddid (pembaharu) abad kedua dalam Islam. ('Aunul Ma’bud [11/260]).

Imam Ahmad rahimahullah berkata: “…(Pembaharu) pada akhir seratus tahun kedua (hijriyah) adalah Imam Syafi’i”. (Siyaru A’lamin Nubala [10/46]).

Imam Ibnu Hajar rahimahullah berkata: “Beliau adalah mujaddid (pembaharu) urusan agama Islam pada akhir seratus tahun kedua (hijriyah)”. (Taqribut Tahdzib [hal.467]).


6.        Al-Imam Yahya bin Ma’in rahimahullah
 
Nama dan kun-yah beliau adalah Abu Zakariya Yahya bin Ma’in al-Baghdadi.

Beliau adalah imam besar dari kalangan tabi’ut tabi’in (murid para Tabi’in), ahli jarh wa ta’dil (penilaian terhadap para perawi hadits dalam bentuk pujian atau celaan) yang ternama, penghafal hadits yang utama dan gurunya para ulama Ahli hadits. Lahir pada tahun 158 H dan wafat tahun 233 H. (Siyaru A’lamin Nubala [11/71] dan Taqribut Tahdzib [hal.597]).

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah memujinya dengan mengatakan: “Yahya bin Ma’in adalah orang yang Allah Azza wa Jalla ciptakan (khusus) untuk urusan ini (membela sunnah Rasalullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam) dengan cara menyingkap kedustaan para pendusta dalam hadits (Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam)”. (Siyaru A’lamin Nubala [11/80]).

Beliau juga termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun kedua (hijriyah). ('Aunul Ma’bud [11/266]).


7.        Al-Imam an-Nasa’i rahimahullah
 
Nama dan kun-yah beliau adalah Abu Abdirrahman Ahmad bin Syu’aib bin Ali bin Sinan an-Nasa’i. 

Beliau adalah imam besar, Syaikhul Islam, penghafal dan kritikus hadits kenamaan, serta sangat terpercaya dalam meriwayatkannya. Lahir pada tahun 215 H dan wafat tahun 303 H.[31]

Imam Abu Sa’id bin Yunus rahimahullah memuji beliau dengan mengatakan: “Abu ‘Abdirrahman an-Nasa’i adalah seorang imam (panutan), penghafal hadits dan sangat terpercaya dalam meriwayatkannya”. (Siyar A’lamin Nubala [14/133]).

Imam Abul Hasan ad-Daraquthni rahimahullah berkata: “Abu ‘Abdirrahman an-Nasa’i rahimahullah lebih diutamakan (dalam pemahaman ilmu hadits) dibandingkan semua ulama hadits di zaman beliau”. (Lihat Siyar A’lamin Nubala [14/131]).

Beliau juga termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun ketiga (hijriyah). ('Aunul Ma’bud [11/266]).


Catatan :
o    Banyak imam besar Ahlus sunnah yang terkenal dengan ketinggian ilmu dan pemahamannya, serta kuat dalam menegakkan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Akan tetapi, mereka tidak disebut oleh para ulama sebagai mujaddid (pembaharu) dalam Islam di zamannya, padahal mereka sangat pantas untuk itu, seperti Imam Malik bin Anas rahimahullah, Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah, Imam al-Bukhari rahimahullah, Imam Muslim rahimahullah, Imam Abu Dawud rahimahullah dan lain-lain. Hal ini disebabkan masa hidup mereka yang tidak bertepatan dengan waktu yang disebutkan dalam hadits di atas. Namun hal ini sama sekali tidak mengurangi tingginya kedudukan dan kemuliaan mereka. Wallahu a’lam. ('Aunul Ma’bud [11/263]).
o    Termasuk para imam Ahlus sunnah yang dinobatkan oleh sejumlah besar ulama Islam sebagai pembaharu di abad ke-12 Hijriyah adalah Imam Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab at-Tamimi rahimahullah (wafat 1206 H). (Lihat 'Aqidatusy Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab as-Salafiyyah [1/18]). Tentang hal ini, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah berkata: “Termasuk di antara imam (Ahlus sunnah) yang mendapatkan petunjuk (dari Allah Azza wa Jalla ) dan da’i yang mengusahakan perbaikan (umat ini) adalah seorang yang sangat dalam dan luas ilmunya, pembaharu ajaran Islam yang telah ditinggalkan (manusia) di abad ke-12 Hijriyah dan penyeru kepada sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab bin Sulaiman bin ‘Ali at-Tamimi al-Hambali. Semoga Allah Azza wa Jalla memperindah (menerangi) tempat peristirahannya dan memuliakannya di surga sebagai tempat tinggalnya” (Lihat 'Aqidatusy Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab as-Salafiyyah [1/19-20]).
o    Demikian pula yang disebut-sebut para ulama sebagai pembaharu dalam Islam di abad ini, dua imam Ahlus sunnah yang ternama, yaitu Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani dan Syaikh 'Abdul ‘Aziz bin 'Abdullah bin Baz. Semoga Allah Azza wa Jalla merahmati semua ulama Ahlus sunnah yang telah wafat dan menjaga mereka yang masih hidup.



Ditulis oleh Al-Ustadz Abdullah bin Taslim al-Buthoni MA
Dipublikasikan oleh Al-Ustadz Abu Hasan
[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 02/Tahun XIV/1431H/2010. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196]


0 komentar:

Posting Komentar